Snag a Button

Menu Bar

Saturday, July 09, 2011

Living A Good Life to Leaving A Good Life

Teng Tong Ting Tong Tang Teng Tong Ting Tong Tang
Suara alarm hapeku bunyi.. Jam 8pagi. Uh males banget bangun..
Balik badan ganti posisi tidur, dan tiba-tiba..
EUCHHHH sakitt banget kakiku..

Jadilah aku bangun, mandi dan siap-siap. Nunggu bus dateng dan naik terus stop turun lalu jalan ke Raffles Hospital. Level 13, anthropology center huhu..

Yak, theres something really wrong with my left leg. Kaki kiriku gak bisa nekuk dan gak bisa lurusin lurus banget, rasanya super ngilu dan sakittt banget! Gak tau kenapa, padahal gak jatoh ato keseleo. Buat jalan sih no problemo at all. Aneh bin ajib. Sakitnya uda dari tanggal 20June kemaren sampe sekarang ini. Jadi bener-bener decide mau ke dokter deh and make an appointment.

Jujur sejujurnya males banget ke dokter, soalnya anti banget.. Kalo gak sakit-sakit banget paling ogah ke dokter, tapi karena ini masalah kaki jadi ngeri dan ga berani macem-macem. Benernya aku belajar dan agak trauma dari kejadian si mama. Mamaku duluuu banget 6taon yang lalu pernah jatoh dari motor, ketiban motor gitu deh kaki kanannya, sakit dikit biru gtu. Terus didiemin gak dipeduliin. Eh 2tahun kemudian, kakinya getting worse dan di cek ke dokter ternyata tulang rawan di dengkulnya uda gak ada ngeri uy jadi sampe skrg uda di operasi 2x padahal dya masi 47tahun loh :( And thats why my mom keep pushing me to see doctor and she always said "I dont want you to regret later like I did now"

HUHU jadilah aku tiduran di kasur sang dokter, dipijit-pijit dengkul kiri dan dengkul kanan. Dengkul kanan perfectly fine, yang kiri? Jangan tanya pegang dikit aja sakit euy!!

Doctor asked me several questions:
-. What are you working as? Do you stand often?
Graphic designer, nope my job requires me to sit almost of the time.
-. Do you do sports regularly?
Never at all, at least these 3months.
-. Are you falling or slipping?
Nope
-. Any pain during walking or running?
Walking nope, but running I dont know because I seldom run.
-. Do you have allergic with any medicine?
Nope

Terus dokternya menjelaskan keadaan gw, kalo gw itu bukan injury tapi living a good life. Alamak! Dia bilang otot kaki aku itu gak dibiasain olah raga and tiba-tiba disuru lakuin hal yang berat jadi kaget, terus soft bone nya gak kuat jadi keluarin cairan dan cairannya itu menjalar ke belakang dengkul dan nyebabin gak nyaman plus rasa sakit ketika jongkok dan lurusin kaki.

HUAAAAAA ngerii amat yak penjelasannya! Cairan apa pula? Panic at the disco! Terus aku tanya ke dokternya, tapi dok kenapa cuma yg kiri dan yang kanan perfectly fine? and he answered: It will take short period of time to spread to your right leg. Untuk liat hasilnya dan tindak lanjut saya anjurkan ambil X-ray tapi X-ray juga percuma gak bisa kasih liat jelas. Jadi MRI aja. Dan gw shocked tambahan! MRI tuh gak boleh sembarangan dilakuin coz yg gw baca katanya bisa ngerangsang sel tumbuhnya kanker dan biayanya mahal bo!

Jadi aku dibikinin appointment for next saturday, the cost is 700-1100SGD for MRI left kneel only. Terus telpon papa cerita, papa cuma dari sana uda panik terus aduh.. aduh aduh gitu terus.. :( Dia suru MRI juga secepatnya dan gak bisa didiamin. Tapi aku ngotot mahal paaaa di indo aja cuma setengah harga (perhitungan emang gw haha) lagian ani takut MRI. Papa bilang kelamaan tunggu ani pulang. Terus bargain lagi, ya udalah uda dikasi obat, liat seminggu kalo masi sakit banget ya uda pergi tapi kalo kagak di indo aja MRInya.

Yak, saya memang tau kalo kesehatan itu tidak bisa dibeli jadi MRI ajalah harga segitu gak ada apa-apanya dibanding kesehatan fullll! Tapiiii aku bener2 mikir, aku minta appointment seminggu lagi karena aku bener2 mo fokus doain minum obat teratur dan see how, kalo emang masi sakit ok I will go for MRI. Walo sebenernya gak jelas aja apa yang mau di MRI, temen aku dulu disuru dokter cek up sana sini soalnya dya kalo duduk bagian punggung kanannya sakit jadilah disuru X-ray cek darah blabla abis 400SGD tau-tau semua hasil keluar dan dokter cuma bilang itu MASUK ANGIN. JRENG JENG JRENGGG.

Duluu juga pernah sekitar tahun lalu, bahu kananku itu bisa bunyi cetak cetek kaya kita pegel terus tekuk-in jari-jari bunyi kan tuh hehe. Terus somehow kadang kalo aku move itu dadaku bisa sakit. Aku tau something wrong with my shoulders. Because I used to brought a lots of heavy stuff, my laptop, and my school stuff (A3 papers, drawing book, my print file, etc). Terus kasi tau si papa eh si papa bebisaan langsung telp raffles dan booking appointment sama dokter jantung! YAK dokter JANTUNG! Astaga punya astaga! Jadilah aku sama housemateku si vebriana ke sana, begitu masuk ruang tunggu semua uda kakek nenek. Masuk ke dokter si dokter sampe kaget ngapain masi muda kesini? Malu dah =='' Terus cek up, X-ray cek darah sampe di pakein kabel2 gitu kaya di film2 di tempel kabel di jidat sekitar muka. Terus hasil keluar semua PERFECTLY FINE! Detak jantung ok! Hasil darah ok! Tekanan darah ok! Terus dokternya juga suruh untuk MRI mungkin struktur tulang. Hayah abis 500dolar buat begono aja.

Pulang-pulang ngoceh sama papa, kenapa book dokter jantung sih uda dibilang ani mau ke general doctor dulu kan cek up doank. GGGRRR. Papa malah bilang, daerah dada kalo gak jantung ya paru-paru. Ya uda sekarang ke specialist paru-paru sana cek up. No thanks dad! Anak ga tau diri!!! Padahal kalo dipikir tuh beneran deh, it shows how much he loved me sampe langsung di booked yg ke PRO! wkwkwkw.

Terus pas kemaren ini mumpung lagi balik indo, ke dokter di RS Puri sekalian temenin dedeku yg abis operasi cabut pen patah kaki. Terus dokter suru aku bungkuk, dya megang bagian kanan dan dya bilang oh kamu tulangnya miring. X-ray deh. Hasil X-ray uda keluar dan emang nunjukin miring sedikit. Penyebabnya yah emang dari sananya uda begitu dan keturunan. Si mama dipanggil dan disuru bungkuk juga terus bener sama miring juga. Nama penyakitnya scoliosis.


Gw tanya juga, kenapa baru sekarang sakitnya dulu kagak? Padahal kata dokter uda dari kecil strukturnya begini? As we grow older, makin banyak beban yg harus ditanggung dan akan ada keluhan. Otot-otot yg ga kuat bawa barang kuat dll. Semuanya depend sama orang and kemampuan masing-masing juga. Contohnya si mama bengkok juga tapi ga ribut pegel tuh. Terus dokternya bilang salah satu buat sembuhinnya itu olahraga berenang. Terus aku dalih hah berenang dimana di singapore?? Dia ada suggest satu alat juga untuk narik badan gitu biar bantu ilangin rasa sakitnya sedikit, harus dipake setelah bangun tidur dan pas mao bobok. Harus rajin pakenya biar efektip! Aku beli deh, di indo pake rajinnn tapi itu kan ga bisa dibawa ke Singapore kan gede jadi gimana donk? Berenang sama sapa disinii??

Yah maybe its true that im living a good life. Gak pernah olahraga dan selalu di zona nyaman. Dari kejadian ini bener2 belajar segala sesuatu yang berlebihan itu gak baik! Berlebihan santaiii jadilah pemalas, berlebihan kerja jadilah workaholic dan cinta uang, etc. Dalam kehidupan Kristen kita juga harus di cek, apa ada yg menjadi comfort zone kita? Sehingga itu menjadikan Tuhan bukan prioritas utama lagi? Udah keenakan ada ini itu, punya ini itu jadi keberadaan Tuhan udah gak penting banget dan udah gak nomor satu!

Day by days during my quiet time I always ask God to shake my comfort zone, to remind me always that He is the only one that I need and without Him im nothing! Eh bener loh, simple prayer tapi bener-bener show kalo dihidup ini banyak masalah dan gak gampang karena itu we need His strength His joy His mercy and His love to pass all these things :) Ada aja kejadian yg harus aku pikirkan mateng-mateng dan harus menyertakan Tuhan atau ada hal lain yang aku pikir aku BISA tapi ujung-ujungnya harus bertekuk lutut minta ampun sama Dia, bahwa HANYA Dia yang sanggup. Dan sekali lagi disini DIAJAR sekaligus DIHAJAR! Leave your comfort zone ani! And do exercise. Your body is My Holy temple!

Saya sekarang bernjanji akan olahraga dan exercise kecil-kecilan. Stretching misalnya yg simple tapi saya pastikan saya bergerak dan mengeluarkan keringat! Kalo ada kolam renang dekat rumah saya akan pergi walaupun itu sendiri :( Dan mulai cari gym yg provide swimming pool. And please pray for me. I really dont want to do MRI. I scared :( Hope after finish this medicine will getting better and perfectly heal! Amen :)

5 comments:

admin

Sebenernya x-ray juga meningkatkan risiko terjadinya cancer lho.

Btw, untuk kasus yang butuh tenaga expert, kan ga harus langsung subspesialis paru atau jantung.
Di Indonesia aja ada spesialis penyakit dalam, spesialis penyakit dalam (internal medicine) itu lumayan ngerti lah sama pulmonologi atau kardiologi. :)Sebenernya x-ray juga meningkatkan risiko terjadinya cancer lho.

Btw, untuk kasus yang butuh tenaga expert, kan ga harus langsung subspesialis paru atau jantung.
Di Indonesia aja ada spesialis penyakit dalam, spesialis penyakit dalam (internal medicine) itu lumayan ngerti lah sama pulmonologi atau kardiologi. :)

eden

ani.. sini ke rmh gw. dkt kolam =D

anita

wah ada temen jogging soon :) entar kita cari sepatu yg empuk

Anonymous

hi ani,
aku ga sengaja temuin blog mu waktu googling. tulisan2mu menarik dan enak buat dibaca. thanks uda bagi berkat melalui tulisan n blog mu. keep on writing! :)
aku pengen share dikit, tentang scoliosis. menurutku teknologi medis sekarang uda cukup baik untuk tangani sakit ini. ada kenalanku yang akhirnya operasi n sekarang sudah bisa beraktivitas normal (dia dioperasi di RS di Sing.). semoga sakitmu bisa cepat ditangani :)

Viryani

heyy commentnya so sweet why dont leave your name here? :)
Thanks anywayyy :D
Thanks for your warms encouragement and your sharing..
Benernya kata dokternya scoliosis aku yg normal gitu sih, bbrp org emang ada yg lahir uda begono dari lahir keturunan.. Mamaku jg gitu, tapi dia gak terganggu. mgkn karena aku srg bawa laptop n brg2 berat x ya jdi ngaruh.. kan ada tuh scoliosis yg sampe parah bgt 45derajat gt yg butuh operasi dan tindak lanjut..
Praise God aku gak sampe segitunya. dan mudah2an amin2 gak deh.. hehe..

Post a Comment

ShareThis